Jumat, 13 September 2013

My Experience about Freshment Enrichment Programs at BINUS University

Nama Lengkap : Kevin Jonathan
NIM                : 1701331545
Kelas               :  01PIM


Ringkasan tentang Kegiatan General Orientation dan Academic Orientation(pertemuan 1-6)


Hello, sebelumnya saya ingin mengucapkan Terima Kasih kepada kakak Buddy Coordinator(BC), dan dosen-dosen academic yang sudah membimbing saya selama FEP. Sebelumnya perkenalkan nama saya Kevin Jonathan, saya Mahasiswa Bina Nusantara atau sering disebut dengan BINUS University, BINUS University adalah Perguruan Tinggi Swasta yang sangat terkenal di Indonesia. Di BINUS University, untuk Mahasiswa, Dosen, Staff, atau orang-orang inti di dalam BINUS University itu disebut dengan “Binusian”, di BINUS University Mahasiswa sudah ditargetkan LULUS tepat waktu, BINUS University menargetkan Mahasiswa/i Lulus dalam waktu 4 tahun, kali ini saya akan membahas sedikit tentang “OSPEK”nya BINUS University, di BINUS “OSPEK”nya di sebut dengan FEP(Freshment Enrichment Programs), dimana BINUS menghapuskan yang namanya Bully-Membully, Pelonco, atau Senioritas. FEP dibagi 3 Kategori, yang pertama adalah General Orientation(GO), kedua adalah Academic Orientation(AO), dan yang ketiga adalah Campus Life Orientation(CLO), tetapi kali ini saya hanya akan membahas tentang kegiatan General Orientation dan Academic Orientation yang saya lalui kemarin.

A.     General Orientation

Dalam General Orientation ini dilaksanakan selama seminggu, disini kita diajarkkan tentang Kampus BINUS, metode Pembelajaran BINUS, mengenal Kampus, Aturan tata tertib kampus dll.
Di BINUS, kita yang di OSPEK itu disebut dengan Buddy, sedangkan yang menemani selama FEP atau biasanya di SMA disebut “kakak yang ngeMOS” itu disebut dengan Buddy Coordinator(BC) dimana selama 3 kategori FEP mereka akan menemani dan membantu menjawab pertanyaan jika ada yang dibingungkan tentang BINUS.
Nah, ketika pertama kali saya FEP saya mendapatkan kelas CBN01, anak-anaknya asyik-asyik, dan kakak-kakak BCnya itu baik-baik semua. Kita disitu benar-benar diajarin tentang perkuliahan, dan sama sekali tidak ada Senioritas ataupun Bullying. Selama seminggu kami dibimbing, seru, asyik, menyenangkan semua Emosi Positif tercurahkan disana, saya sangat senang mempunyai teman-teman dan kakak BC yang sudah menemani kami selama seminggu. Ketika sudah melewati seminggu, saya berfikir ingin FEP lagi, kangen masa-masa FEP GO ini. Tetapi 1 Bulam setelah FEP General Orientation semua yang mengikuti FEP GO diadakan yang namanya Inagurasi dimana kami sebagai Mahasiswa Baru di Resmikan sebagai Binusian 2017, disana kami bertemu lagi dengan kakak-kakak BC kami, walau hanya sebentar tetapi mereka sudah sangat membantu kami selama General Orientation ini.


B.     Academic Orientation
Academic Orientation atau sering disebut dengan AO, disini saya berpisah dengan teman-teman saya yang dari kelas CBN02 dan kakak-kakak BC saya dari kelas CBN02, hampir semua dari kelas CBN02 berpisah, sekarang saya bukan di CBN02, tetapi kelas perkuliahan saya, yaitu 01PIM. Disini saya mendapatkan teman-teman baru, dan beberapa teman saya dari CBN02 juga ada disana, dan disini saya bertemu kakak-kakak BC yang baru juga, ketika jam masuk semuanya sudah masuk dikelasdan kakak-kakak BC yang baru datang dan teman-teman baru saya semuanya saling memperkenalkan diri, dan disini ketika pemilihan KOMTI dan WAKOMTI saya diplih menjadi KOMTI dikelas 01PIM. Selama 6 pertemuan AO kami sudah mulai bias membaur, dan di AO ini kami dijelaskan tentang perkuliahan, dijelaskan belajar yang baik, dan terakhir sampai Academic Advisor. Menurut saya pribadi teman-teman baru saya sangat menyenangkan, disini tidak ada yang namanya perbedaan baik Suku maupun  Agama. Saya sangat senang dengan kelas 01PIM walau saya tidak bertemu lagi dengan kelas CBN02 saya sepenuhnya lagi.

Kesan dan Pesan :
Intinya disini saya sangat bahagia bisa Kuliah di Bina Nusantara, saya bertemu banyak teman, rasa kekeluargaan yang besar, dan FEP General Orientation dan Academic Orientation ini sangat membantu saya untuk perkuliahan yang akan dimulai pada tanggal 23 September 2013. Untuk teman-teman CBN02 tetap semangat ya :D tunjukkan codingan halilintar seperti yel-yel yang kita buat, tunjukkan bahwa IP kita bisa 4 dan saya yakin kalian pasti bisa.
Untuk teman-teman 01PIM, terima kasih sudah mempercayakan saya sebagai Komti, jangan malu-malu untuk saling mengenal dengan teman-teman lain, dan jangan malu-malu untuk bertanya baik ke saya ataupun ke kakak-kakak BC kita.
            Untuk semua teman-teman 01PIM dan CBN02, Hidup adalah sebuah perjuangan, sebelum manghadapi perjuangan yang sesungguhnya, pelajarilah banyak hal tentang tehnik berjuang, jangan takut mengambil keputusan karena segala sesuatu mengandung resiko.
Untuk kakak-kakak BC saya CBN02, jangan lupain kami ya CBN02, tetap membaur di jejaring sosial, tetap berbaik hati berbagi pengalaman dan pengetahuannya.hehe
            Untuk kakak-kakak BC 01PIM, sampai ketemu di jadwal EESE berikutnya, dan mohon bimbingannya selama semester 1 ini.^_^

God Bless You Guys.




By Kevin Jonathan

0 komentar:

Posting Komentar

 
;